Saturday, August 06, 2011

Hati-hati! Dermovate Cream Bukanlah Krim Pemutih Kulit

Tiga tahun yang lalu saya direkomendasi seorang rekan (bukan dokter atau pekerja medis) untuk memakai obat salep buat kulit bermerk Dermovate Cream buatan GlaxoSmithKline perusahaan farmasi dari Inggris. Obat tersebut memang nggak beredar di Indonesia, saya beli ketika berada di Arab Saudi, harganya cukup murah SAR10 atau sekitar Rp24,000.

Saran teman itu datang setelah saya ceritakan keluhan saya. Beberapa tahun belakangan setelah makan makanan laut terutama udang dan kerang, badan saya sering mengalami gatal-gatal. Dikemudian hari kondisi alergi  juga  muncul saat makan ayam potong broiler. Begitu beli obat ini, tanpa membaca kandungan dan petunjuk pemakaian langsung saja saya pakai obat tersebut, walaupun tidak menyembuhkan alergi makanan seafood itu sendiri namun salep ini mujarab menyembuhkan iritasi luar pada kulit yang disebabkan  alergi tersebut.


Tidak lama ini, istri saya memesan Dermovate Cream tersebut tatkala saya berada di Jeddah. Dia bercerita, banyak yang memakai salep itu untuk memutihkan kulit! Saya lihat di lapak-lapak onlinepun banyak juga yang menjual obat ini sebagai pemutih kulit. Saya bingung juga, karena nggak pernah membaca kertas petunjuk pemakaian yang disertakan didalam kemasannya. Asal pakai saja kalau lagi ada gangguan dikulit dan gatalpun berkurang.


Untuk memastikan untuk apa sih Dermovate Cream sebenarnya? saya browsing internet, ternyata Dermovate Cream bukanlah krim untuk pemutih kulit, kandungan Clobetasol propionate yang terdapat didalamnya adalah kortikosteroid yang digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kulit termasuk eksim dan psoriasis  (sumber Wikipedia).

Diantara efek samping penggunaannya adalah penipisan kulit dan perubahan pigmentasi pada kulit. Inilah “manfaat” yang dikatakan bisa memutihkan kulit, ternyata adalah efek samping dari penggunaan salep pengurang peradangan pada kulit tersebut. Apalagi dari namanya yang ada kata-kata “Cream” bisa dipakai sebagai propaganda dagang. Selain itu masih banyak efek sampingnya yang bisa dibaca pada tautan dibawah yang saya sertakan.

Disinilah kelemahan masyarakat termasuk saya, selalu cepat terpengaruh dan percaya kepada orang/sumber lain tanpa melakukan crosscheck terlebih dahulu. Andai saja Dermovate cream yang saya asumsikan salep penghilang gatal ternyata adalah krim pemutih kulit apa jadinya alergi saya?

Foto : Dermovate Cream dari salah satu lapak online.

Sumber-sumber :

30 comments:

ndut jepret said...

pemutih kulit alami adalah bengkoang di parut trus dipeperin bagian kulit yg mana yg akan diputihkan... kalo rajin bakal bersih deh... hihhihihi

Andre Irwan said...

Butuh berapa kali/lama? kayaknya perlu dicoba nih...

ndut jepret said...

seminggu sekali aja cukup koq mas... tapi kalo bener2 ada waktu ya seminggu 2-3 kali.. itu biasanya untuk manten... sebulan sebelumnya dipakee... heheheh
penggunaannya tunggu parutan bengkoang yg nempel di kulit sampe kering...

AGORA said...

KALAU BUTUH SAYA ADA JUAL BARU BAWA DARI SAUDI/ MAKKAH. BAGI YANG MUNGKIN BUTUH DAPAT MENGHUBUNGI SAYA DI 082168068252 DGN MASA MEXPIRED MASIH LAMA SEKALI....

Unknown said...

Pernah pake ini buat ngilangi bekas luka iritasi dwajah, sdikit ngolesnya.. eh malah makin iritasi.. merah2 gitu...hmhh

Unknown said...

Sis km jual gk dermovotex?

Unknown said...

Sis km jual gk dermovotex?

Unknown said...

Jual dermovate ori saudi.. Bukan mesir pakistan atau indonesia.. 100% orginal, saya juga jual lotion pemutih yg aman dan crem wajah herbal. Kontak me pin bb D2CC65DD wa 082232684718

Unknown said...

Sya make cream ini buat bekas luka di kaki sya kok malah makin parah.. Jayak luka bakar jadinya

Unknown said...

Sya make cream ini buat bekas luka di kaki sya kok malah makin parah.. Jayak luka bakar jadinya

Unknown said...

Sama saya juga sis .. Kmu kedokter ga?

Unknown said...

Dermavote coklat penghilang bekas luka bukan yang hijau.. kalo hijau untuk obat eksim dan gatal. .

Kanjeng sunan Bonang said...

Hati hati.... banyak yg palsu..!!!

Jimshoney Original Kalimantan Selatan said...

saya make ini memang putih sih.. udh 2tahun, alhamdulillah smpe sekarang ga ad efek yg bahaya.. tp yg ori saudi, logo gsk nya warna orange

Yuly Lovely said...

Dermovate nya pke warna hijau yaa say ? Klo dsni pada pke dicampur dg hndbody. Klo kamu pakenye gmna ?

Fitri silalahi said...

Saya ada jual dermoved, asli dari mesir,jk minat hub saya wa +201100110867

Fitri silalahi said...

Saya ada jual dermoved, asli dari mesir,jk minat hub saya wa +201100110867

Unknown said...

Dermoved yg hijau. Sy jg ada. Oleh2 umroh suami sy. Blm sy pake, coz kata suami utk jerawat.
Tp kl sy bc d kertas bawaan creamnya di dlm kemasannya. Yg hijau sprti gmbr yg diposting disini itu, tdk blh utk luka yg terbuka. Waktu itu krn jerawat sy sdg ada luka terbukanya. Jd blm pernah sy pake creamnya. Jd mungkin itu yg dialami agan2 sekalian yg comment dsini. Nuhun. ๐Ÿ™

Unknown said...

Putihnya di badan or di kulit muka

Unknown said...

Review aku ...Mamaku sering beli dermovate coklat bertube" sudah habis...bertaun" di apotek besar sby harganya 85rb dptnya kecil. Ak ada luka bekas kena oven memudar. Ak pikir murah online. Dan byk yg beli. Ak cari yg plg byk dibeli n cb beli yg dermovate coklat online. Murah beda 30rb. Tp hasilnya gawat. Lukaku nda memudar bekas coklat"nya. Malah mencerahkan kulit yg cuman bagian area lukaku itu. Klo teliti bgt. Keliatan belang ... sptnya beda dermovate di apotek n online yg saudi" itu. Kl mau pake yg saudi mending sekalian aja seluruhnya. Ndak enk jg kl belang kaya tgnku. Sharing aja sih

Unknown said...

Sy jg make dermovete ori saudi yg ada logo gsk wrn orange br bbrp minggu tp krn bnyk yg ngeluh sy jd ragu untuk makex.. tp apa anda yg prnh make itu hslx permanen gak bikin ketergantu misalkan kt berhenti make flek hitam dan jerawatx blkg gak mohon jwbnx n trimakasih๐Ÿ™

Unknown said...

๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Unknown said...

Tante saya pake itu yg wrna ijo dicampur hand body vaseline yg beli jg d saudi. Flek hitam nya hilang.. makanya skrng saya jg pake campur vaseline. tp gk brni d muka cm Di badan aja. Lmyan bersih

Khairunnisa said...

Mau tanya di sini ada ga yang pakai dermovate kulitnya jadi putih, terus kalau berhenti memakai dermovate, kulit kembali ke warna semula atau tetap putih
Terima kasih

Unknown said...

Halo kk slm knal.. Mau tnya itu gmna cara pemakaianx klu di campur sama vaseline kak?

Anonymous said...

Saya pakek dermoved selama kurang lbh 4 bln, saya mix hbl premium. Waktu saya hentikan tidak memakai dermoved punggung tangan q bintik2 hitam seperti flek,, awal nya cm 1 2, skr tumbuh banyak. Sdh q periksakan k dokter kulit suruh d hentikan.

Unknown said...

Klo d campur selain handbody vasellin bisa gak ya?

Unknown said...

Hallo ka buat hb vasseline nya yg biasah di jual di indomart itu kah๐Ÿคญ

Agus Sutiyono said...

Dermovate Cream Original Saudi Arabia :
https://www.dermovate.store

Easton Taylor said...

buy fildena 150 mg online is a phosphodiesterase-5 enzyme inhibitor, meaning it blocks PDE-5. This relaxes certain muscles and blood vessels, which increases blood flow to the penis to help with an erection. Timing is everything. It should be taken orally 30 minutes to four hours before sexual activity but is most effective if taken one hour beforehand.